Green Bay Banyuwangi Like a Paradise

Siapa yang tidak mengerti akan arti dari judul di atas. kata green bay saya ambil dari nama sebuah pantai yang terdapat di ujung selatan kota Banyuwangi, pantai atau teluk yang begitu indah dan menarik itu terletak di sebuah hutan lindung Meru Betiri Banyuwangi. Saya akan bercerita sedikit mengenai keindahan Green bay. Kita bahas mulai dari awal pertama kali saya datang ke kecamatan bernama Muncar, dimana kecamatan ini sangat terkenal dengan perekonomian hasil dari laut yang banyak menghasilkan ikan, khususnya yang paling terkenal yaitu ikan cumi-cumi dan tengiri yang sangat enak dan penuh protein, dan Muncar juga memiliki budaya yang sangat unik, yaitu "PETIK LAUT". Petik Laut merupakan salah satu ritual yang menuangkan rasa syukur para nelaian atas apa yang dihasilkannya selama setahun.

Konon katanya dulu setiap acara Petik Laut masyarakat Muncar harus memberi tumbal berupa anak gadis yang di make up layaknya tuan putri dari kerajaan. Namun sekarang tumbal manusia di tiadakan dan di ganti dengan kepala kerbau. Tradisi ini di lakukan setiap bulan Syuro (yang kemarin sudah di lakukan oleh masyarakat Muncar) seperti gambar di bawah ini
gambar di ambil dari akun twitter @banyuwangi_kab
 Banyuwangi keren sekali dengan kebudayaan yang sangat melekat. Saya kagum dan salut sekali dengan masyarakat dan kebudayaan sekaligus pemerintahnya yang sangat mendukung semua nilai - nilai positif yang dilakukan oleh masyarakat Banyuwangi.

Back on the topic, sekarang bahas Green Bay. Saya berangkat dari Muncar pukul 7:00 WIB pagi berangkat, sampai di Green Bay sekitar pukul 8:30 WIB, perjalanan 1,5 jam tidak terasa, karena ketika kita mulai memasuki gerbang perkebunan, kita akan di manjakan oleh panorama perkebunan karet dan desa - desa kecil nan asri. Jalan beraspal yang masih bagus mempermudah kita menuju Green Bay. Setelah sekitar perjalanan 30-45 menit, kita akan menemukan jalan makadam (jalan bebatuan) yang mana disana terdapat desa Sarongan, setelah dari desa Sarongan, kita menuju ke pantai RajaWesi. Pantai Rajawesi merupakan pantai yang indah dengan indahnya bebatuan di sekeliling pantai. Sesuai namanya Raja = Raja (king) Wesi = Besi (iron), jadi disana batu - batu yang mengelilingi pantai Rajawesi itu berwarna hitam pekat mirip besi. setelah dari Rajawesi, kalian akan menuju ke pusat wisata atau tempat parkir utama, sebelum menuju tempat parkir, kalian wajib lapor dulu di gerbang wisata.

dibawah ini merupakan foto pantai Rajawesi dari kejauhan.
Pantai Rajawesi
dari foto tersebut kita masih berjalan menuju tempat parkir sejauh sekitar 400-500 meter. setelah sampa idi tempat parkir, kita akan menemukan papan petunjuk yang mana berisi tentang penjelasan rute wisata, disana tertera berbagai wisata,
1. Wisata Benteng pertahanan jepang
2. Wisata Bunga Raflesia
3. Wisata Teluk Hijau/Green bay &Wisata Pantai Batu
4. Wisata Pantai Sukamade
Kita tinggal memilih mau wisata yang mana? Parkir bayar cuma Rp. 3000,- saja. dari parkiran kita berjalan menuju puncak sejauh sekitar 100 meter. Sesampainya di gerbang menuju pantai Batu dan pantai Teluk Hijau, kita akan di sambut oleh berbagai macam satwa yang menggemaskan. Dan di gerbang masuk menuju pantai biasanya ada seorang ibu - ibu yang berjualan hanya setiap hari minggu atau hari liburan saja. Jangan lupa buat kalian yang hendak atau ingin berlibur ke sana, wajib membawa bekal, karena di dalam hutan Meru Betiri tidak ada warung nasi atau kios - kios makanan. Selain membawa bekal makanan dan minuman, kalian jangan lupa membawa bekal bensin secukupnya, karena di dalam hutan Meru betiri tidak ada SPBU.

Setelah sampai di gerbang masuk pantai, kita akan merasakan kesejukan semilir angin dengan panorama pantai yang amat sangat cantik. Benar - benar surganya pulau Jawa. Saya sempat mengambil fotonya, seperti gambar di bawah ini. 
Pantai Batu dari atas bukit
Disamping ini merupakan foto panorama pantai Batu dari kejauhan. dari tempat dimana saya mengambil foto ini, kita wajib berjalan menuruni bukit yang sedikit curam dan butuh extra tenaga untuk menuruni dan menaiki bukit yang merupakan jalan satu - satunya menuju Pantai batu dan Pantai Teluk Hijau. Jika kita sudah sampai di Pantai Batu kita akan merasakan betapa asrinya surga yang dimiliki pemerintah Banyuwangi ini. mari kita simak foto - foto yang di ambil oleh saya sendiri dan juga teman saya pada waktu liburan ke Banyuwangi.
Galeri Foto Pantai Batu dan Pantai Teluk Hijau
Pantai Batu Banyuwangi

Pantai Batu Banyuwangi










Green bay Banyuwangi
Green bay Banyuwangi
Green bay Banyuwangi


Green bay Banyuwangi

Green bay Banyuwangi (dari atas tebing)

Green bay Banyuwangi (di ambil dari kaki tebing)

Green bay Banyuwangi

Green bay Banyuwangi

























































































































Bagaimana? Penasarankan? Siapa yang tidak bangga dengan Kota Banyuwangi? saya saja bukan orang Banyuwangi bangga dan cinta Banyuwangi. Masih banyak lagi yang ingin saya datangi mengenai wisata yang ada di kota Banyuwangi. Saya cinta Banyuwangi, saya sudah merasakan apa yang dirasakan wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Dan saya percaya bahwa apa yang di bicarakan oleh orang - orang kalau Banyuwangi itu indah. Dan saya sudah membuktikan hal itu. I Love Banyuwangi. Suatu saat saya akan berkunjung ke Banyuwangi lagi untuk memanjakan mata. 

NB: Jangan lupa follow @banyuwangi_kab  untuk informasi lebih lanjut.

0 komentar:

handapeunpost

Copyright © / Clotehan Mahasiswa Ijo Lumut

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger